4 Tips Jitu Merawat Motor Matic Agar Awet yang Tepat

Tips jitu merawat motor matic agar awet yang tepat – Sepertinya trend motor matic saat ini jauh lebih besar dan mampu kalahkan keberadaan motor bebek, maupun motor sport. Mengingat dari tahun ke tahun motor matic ini selalu alami peningkatan angka penjualan yang luar biasa, bahkan semua pabrikan motor yang ada di Indonesia seolah – olah berlomba memasarkan motor maticnya, seperti Honda, Suzuki, dan Yamaha. Tetapi perlu Anda ketahui, menggunakan motor jenis ini butuh perawatan khusus agar performanya tetap tangguh dan kuat. Berikut ini adalah tips jitu merawat motor matic agar awet yang tepat.

Tips Jitu Merawat Motor Matic Agar Awet

Tips Jitu Merawat Motor Matic Agar Awet yang Tepat

1. Panaskan mesin motor setiap hari

Ini adalah cara yang bisa Anda lakukan di setiap pagi hari sebelum menggunakan motor, hal tersebut dilakukan agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga jadikan performanya lebih maksimal. Panaskan motor Anda kurang lebih 5 – 10 menit dengan menggunakan kick stater saja, bila menggunakan stater elektik pastinya akan lebih banyak kurangi bateray dari motor tersebut.

2. Menstabilkan kecepatan gas

Pada saat kecepatan motor dalam kondisi cepat, maka Anda tidak disarankan secara tiba – tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya. Sebab hal tersebut akan dapat merusak masa umur mesin motor Anda. dengan kecepatan yang tak stabil tak hanya akan merusak mesinnya, tetapi juga pada fan belt motor Anda.

3. Jangan sampai kehabisan bahan bakar atau bensin

Usahakan selalu motor matic Anda jangan sampai menunjukkan indicator E pada speedometernya, dan usahakan juga motor berisi bahan bakar yang full untuk antisipasi hal tersebut. Dengan motor yang sering mogok disebab kekurangan bahan bakar, pastinya sangat tidak baik bagi performa motor matic Anda.

4. Rutin mengganti oli

Perawatan satu ini peranannya sangat penting sekali dan merupakan perawatan wajib untuk motor matic. Pergantian oli ini umumnya dilakukan setiap 1.000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor maksimal saat motor sudah mencapai 5.000 km. Bila Anda sulit menghitung dengan speedometer, maka Anda bisa lakukan perawatan rutin ini disetiap 2 – 3 bulan sekali.

Demikianlah informasi tentang tips jitu merawat motor matic agar awet yang tepat. Semoga saja bermanfaat informasinya.

Tags:
4 Tips Jitu Merawat Motor Matic Agar Awet yang Tepat | matic | 4.5