Cara Mengedarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula

Harga Motor Terbaru kali ini akan mengulas Tips Otomotif mengenai Cara Mengedarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula. Pada dasarnya semua jenis kendaraan mempunyai sistem kopling dalam sistem kerjanya. Fungsi dari kopling itu sendiri merupakan sebagai pemutus dan penghubung putaran dari mesin terhadap transmisi dari sebuah kendaraan. Perlu diketahui juga bahwa sistem kopling dari suatu kendaraan khusunya sepeda motor itu terbagi menjadi dua, ada yang sistem otomatis dan ada juga yang bersistem manual.
Nah disini Harga Motor Terbaru akan menyajikan beberapa tip untuk mengendarai sebuah sepeda motor yang menggunakan sistem kopling manual. Biasanya jenis sepeda motor yang menggunakan jenis kopling manual ini merupakan jenis motor tipe sport, seperti: Honda Tiger, Kawasaki Ninja, Yamaha R25, Suzuki Thunder 125, Vesva Scooter, dan juga yang lainnya.  
Pada dasarnya sitem kopling manual maupun otomatis itu mempunyai kelemahan dan keunggulan tersendiri. Jika pada sistem otomatis misalnya motor jenis bebek, ketika akan berpindah transmisi kita tinggal menginjak pedal transmisi saja tanpa mengoperasikan fungsi yang lainnya, namun terdapat kelemahaa yaitu berkurangnya tenaga yang dihasilkan. Berbeda dengan yang menggunakan sistem kopling manual yang banyak digunakan oleh motor jenis sport kelebihannya tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar. Namun ada juga kelemahannya yaitu ketika melakukan perpindahan harus bisa mengatur kopling nya supaya transmisi berpindah dengan lembut serta mesin tidak mati. Untuk sistem transmisi pada kopling manual hampir semua jenisnya memiliki pola 1-N-2-3-4-5.
Baiklah untuk lebih jelasnya Harga Motor Terbaru akan menyajikan beberapa Tips Cara Mengedarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula.
  1. Posisikan posisi transmisi pada keadaan Netral, biasnya lampu N akan menyala berwarna hijau
  2. Ketika mesin sudah menyala, jangan lupa untuk menarik tuas kopling oleh tangan yang sebelah kiri sebelum menginjak pedal transmisi, karena perlu diketahu pada motor yang besistem kopling manula apabila kita menginjak pedal transmisi percepatan, maka si motor itu mesinnya akan mati serta akan menghental keras kedepan.
  3. Pada saat pertama kali akan berjalan khusunya bagi pemula, pasti akan menemukan kesulitan dalam mengopersikan kopling. Caranya ketika transmisi sudah masuk pada gigi 1 dan tuas kopling sudah ditekan, tariklah hendle gas perlahan disertai dengan melepaskan tuas kopling perlahan juga. Lakukanlah berualang bila belum bisa melakukannya atau konsultasi dengan yang sudah ahli.
  4. Apabila kendaraan sudah dalam keadaan berjalan, ketikak kita akan melakukan perpindahan transmisi, lakukanlah cara yang sama yaitu menekan tuas kopling terlebih dahulu sebelum menginjak pedal transmis, lalu lepaskan perlahan tuas koplingnya.
  5. Kalau kita dalam posisi akan berhenti, sama pada dasarnya, yaitu tekan tuas kopling sebelum menginjak pedal transmisi, lalu posisikan transmisi kedalam posisi netral secara beraturan dambil menginjak pedal rem secara teratur.
Itulah Tips Cara Mengedarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula yang bisa Harga Motor Terbaru sajikan bagi anda semuanya, terimakasih telah berkunjung dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semuanya, amin

Tags:
Cara Mengedarai Sepeda Motor Kopling Manual Bagi Pemula | matic | 4.5